Sabtu, 06 Desember 2008

Demam Berdarah Dengue (DBD)


^
Gw punya pengalaman dengan sakit DBD ini, bukan gw sih yang sakit, tapi temen gw... Waktu itu temen gw badannya panas banget, kadang-kadang suhu tubuhnya mencapai 40 derajat C. Kalo udah segini, gw dan temen2 gw yang jaga panik, dan terus ngompres dia... Kami gak tau kalo dia kena DBD, soalnya Dokter di salah satu Klinik, tempat kami berobat bilang, kalo temen gw ini ga mungkin kena DBD setelah liat hasil test nya...

Selama 5 hari di kosan gw, temen gw ini ga menunjukkan tanda2 positif, malah makin memburuk... Kami pun bawa dia ke dokter di Klinik yang sama... Dengan dokter yang berbeda, dia bilang kalo keadaannya udah buruk, dan harus di bawa ke RS... Kami pun panik, lha wong dokter yang di tempat ini (dokternya beda dengan dokter yang pertama kali) yang bilang kalo periksanya tunggu ampe 5 hari lagi...

Kami pun bawa temen kam iini ke RS.. Disana trombosit darahnya udah 18.000 (normal trombosit 150.000). Trus, 2 jam kemudian trombositnya turun jadi 10.000. Kami panik... Setelah itu, temen gw ini langsung dirawat, dan dikasih infus... Kemudian dia ditransfusi sebanyak 5 kantung darah... Setelah menerima darah, trombositnya naik 20.000... Tapi keesokan harinya turun lagi jadi 15.000... Kami khawatir...

Dari pengalaman ini gw tau kalo masa inkubasi.masa tunas virus ini adalah 3-15 hari, dan orang yang terkena virrus ini akan mengalami salah satu dari 4 hal berikut:

1. Bentuk abortif, penderita tidak merasakan suatu gejala apapun.

2.
Dengue klasik, penderita mengalami demam tinggi selama 4 - 7 hari, nyeri-nyeri pada tulang, diikuti dengan munculnya bintik-bintik atau bercak-bercak perdarahan di bawah kulit.

3.
Dengue Haemorrhagic Fever (Demam berdarah dengue/DBD) gejalanya sama dengan dengue klasik ditambah dengan perdarahan dari hidung, mulut, dubur dsb.

4.
Dengue Syok Sindrom, gejalanya sama dengan DBD ditambah dengan syok / presyok pada bentuk ini sering terjadi kematian.

Penyakit ini termasuk salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan jika seseorang mengalami salah satu dari 4 hal diatas, pada tingkat manapun itu, harus segera dibawa ke Rumah Sakit, untuk mendapatkan pertolongan dengan segera...

Jangan tunda lagi...!!!

^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar